Jumat, 19 Desember 2014

Tugas PTIK
Aspek Ergonomi Penggunan Komputer

Peranan TIK di dalam berbagai bidang 


Bidang Pendidikan .

Arti TIK bagi dunia pendidikan seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program pendidikan.Namun hal pemamfaatan TIK ini di Indonesia baru memasuki tahap mempelajari berbagai kemungkinan pengembangan dan penerapan TIK untuk Pendidikan memasuki milenium ke tiga ini. Padahal penggunaan TIK ini telah bukanlah suatu wacana yang asing di negera maju seperti Amerika dan Jepang .Pemamfaatan IT dalam bidang pendidikan sudah merupakan kelaziman di negara-negara pada era sekarang.Ini merupakan salah satu bukti utama ketertinggalannya bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa di dunia 

Terdapat beberapa peranan TIK dalam bidang Pendidikan antara lain :

1. TIK sebagai skill dan kompetensi 
    Penggunaan TIK harus proposional maksudnya TIK bisa masuk ke semua lapisan masyarakat tapi       sesuainya dengan porsinya masing  masing.
2. TIK sebagai insfratuktur pembelajaran 
    Tersedianya bahan ajar dalam format digital 
    The network is the school
    Belajar dimna saja dan kapan saja.
3. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran 
    Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata
    Pelajar melakukan ekplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri.

Bidang Kesehatan 

TIK di bidang kesehatan telah memperlihatkan peran yang sangat signifikan untuk menolong jiwa manusia,dan riset dibidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosis penyakit,menemukan obat yang tepat serta menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit terjangkau oleh kasat mata atau diluar jangkauan .

* Teknologi Informasi ini sistem Computerized Axial Tomography (CAT) berguna untuk menggambar struktur bagian otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan yang bergerak menggunakan system Dynamic Spatial Reconstructor (DSR) yang digunakan untuk melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh .
* Single Photon Emmision Computer Tomography(SPECT)
merupakan sistem komputer yang menggunakan gas radioaktif  untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar.Bentuk lain adalah Position Emmision Tommography (PET) juga merupakan sistem komputer yang dapat menampilkan gambar yang menggunakan isotop radioaktif,Selain itu Nuclear Magnetic Resonance merupakan teknik mendiagnosis dengan cara memagnetikan nucleus (pusat atom) dari atom hidrogen.

Bidang Kepolisian 

Kepolisian menggunakan teknologi informasi untuk melakukan berbagai aktifitas , contoh yang umum adalah pemamfaatan teknologi informasi untuk membuat SIM .Dengan menggunakan teknologi informas, yang melibatkan komputer,kamera digital,perekam sidik jari, dan pencetak kartu SIM , dimungkinkan untuk membuat SIM dalam waktu singkat.

*Face Recognition
  Teknologi kompresi gambar memungknkan sidik jari dapat disimpan secara elektronis dengan ukuran yang sangat kecil sehingga tidak terlalu menyita ruang dalam media penyimpanan .
seadangakan teknologi pencocokan pola digunakan untuk memudahkan untuk mencari sidik jari yang tersimpan dalam basis data.
  Kegunaaannya pada bidang ini 
Program komputerisasi yang sangat canggih yang telah dikembangkan adalah crime Analisa support system yang dapat mengidentifikasi daerah yang kemungkinan akan terjadi kriminalitas .System lainnya yang digunakan dalam bidang ini adalah Promis yang dikembangkan Institut of Lawa and Sosial Reseach di Washington, yangdapat memberikan informasi mengenai masalah kriminalitas mana yang paling penting dan dapat memberikan informasi bukti-bukti tertuduh untuk dibawa kepengadilan .

Bidang Industri 

Dalam bidang ini ,digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, (CAD) . Gunanya agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat ,mudah ,dan memiliki ketepatan tinggi . Sebagai contoh untuk menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual, akan tetapi dengan program CAD misalnya AUTOCAD semua itu dapat teratasi bahkan program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil dari berbagai sudut 3D
Dari sedikit penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa peranan TIK dalam bidang industri dan manufakturing sangat besar, diantara adalah 
- Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat,mudah,dan tepat.
- Proses produksi dapat dilakukan dengan sedikit mungkin tenaga manusia sehimgga mengurangi  resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia


Bidang Perbankan 

Dalam dunia Perbankan TIK adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau lebih dikenal dengan internet banking .Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet banking antara lain transfer uang,pengecekan saldo,pemindah bukuan,pembayaran tagihan dan informasi rekening .Mamfaat internet sebagai salah satu jaluir transaksi perbankan yanglebih mudah diakses dimanapun kapanpun selama 24 jam.Internet banking yang juga dikenal dengan istilah online banking ini menurut situs wikipedia adalah melakukan transaksi,pembayaran dan teransaksi lainnya melalui internet dengan web milik bankyang dilengkapi sistem keamanan.


Bidang Hiburan 

Perkembangan TIK terus meningkat seiring meningkatnya kebutuhan manusia. Saat ini tren penggunaan electronic bermunculan seperti e-education,e-government,e-learning dll. Teknologi Informasi dan Komunikasi seakan telah mendarah daging didalam diri setiap era ini,TIK yang telah menglobal mampu mencangkupi segala aspek yang ada dalam kehidupan dalam bidang hiburan TIK banyak memiliki peranan.
Salah satu Perkembangan TIK yang sangat pesat adalah pemamfaatan media internet yang diaplikasikan pada dunia hiburan .Adapun penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia hiburan salah satunya adalah :
1.     Penggunaan computer didunia hiburan memudahkan dalam penyajian informasi
2.     Dalam dunia pertelevisian dan perfilman,computer digunakan dalam pembuatan film-film yang memerlukan animasi khusus,misalnya film kartun maupun yang memerlukan efek-efek khusus.
3.     Saat ini Program-program permainan game telah dibuat dan banyak di temuidipasaran dengan berbagai permainan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar